Jersey Pakaian Kaos Komunitas Lagu Starla
Home » , » Tips dan Cara Merawat Rem Cakram Sepeda

Tips dan Cara Merawat Rem Cakram Sepeda

Written By Ekky Pr on 22:14 | 05 August 2014


Waktunya menulis tips - tips bermanfaat lagi pada pagi ini kawan, kali ini kita akan membahas sebuah komponen sepeda yang sangat penting kedudukanya karena membuat pengendara sepeda aman , apakah itu ?. Yupz komponen tersebut adalah rem , komponen yang satu ini kenapa sangat penting?, sangat jelas kawan coba bayangkan sepeda downhill yang menuruni turunan tajam yang berkelok - kelok tanpa adanya rem bisa - bisa masuk jurang :) maka dari itu rem ini sangat penting kalo nggak ada bisa nyawa taruhanya kawan.



Semua komponen sepeda itu membutuhkan perawatan salah satunya rem cakram sepeda ini. Dibawah ini Tips dan Cara Merawat Rem Cakram Sepeda mari simak kawan :

1. Lihat kampas rem cakram sepeda anda dan periksalah, tipe V-brake atau Disc brake(cakram).

- V-brake cek lah ketebalan kampas rem depan dan belakang sepeda anda, pastikan ketebalan kampas rem masih bisa menggesek pelek sepeda anda saat tuas rem di tarik ke belakang. Jika kampas masih tebal tapi rem tetap berjalan saat tuas rem ditarik silahkan atur knob (setingan untuk mengencangkan atau mengendorkan).

- Disc Brake (cakram) ada yang sudah memakai tuas rem hidrolis (dengan oli) maupun yang belum . Langsung saja pastikan kampas rem anda bagian depan dan belakang ketebalanya masih mencukupi untuk mencengkram cakram (disc) saat tuas ditarik. Jika dirasa kurang mencengkram coba atur knob (setingan untuk mengencangkan atau mengendorkan) atur sampai jika tuas rem ditarik maka dapat mencengkaram. Ingat : Rem sangat penting dalam sepeda gunung  


2. Gantilah kampas rem jika sudah aus (tipis), ambilah kunci L ,kunci untuk melepas ban dan lainya.

Untuk model rem V-brakes sangat sederhana dan mudah caranya,
-Tekanlah kedua sisi kampas lepaskan bagian kawat pengaitnya.
-Kemudian ambil kunci L tadi lepas kampas rem.
-Jangan lupa sebelum melakukan hal ini alangkah lebih mudah lepas terlebih dahulu roda depan dan belakang sepeda anda.

Untuk model rem disc brake (cakram) Jangan takut rusak memang kelihatan rumit tapi tak serumit yang dibayangkan kok.
-Ambil peralatan yang sudah disiapakan lepaslah kedua roda (depan dan belakang)
-Lepaslah bagian master rem agar anda dapat leluasa membongkar kampas rem -Ganti kampas rem yang telah anda beli
-Jika menggunakan rem hidrolis anda harus sedikit berhati- hati dan teliti, saat melepas master dari rem dari cakramnya hindari tuas rem tertekan karena tuas rem yang tertekan akan membuang percuma sebagian minyak rem dalam box minyak.

Tips : Rawatlah kebersihan kampas rem cakram maupun rem v brake anda, Selalu cek kondisi tuas rem apakah terlalu dalam atau dangkal, kabel dan minyak rem juga senantiasa diperiksa apakah terkelupas atau olinya minim. Setelah sepeda gunung tercinta melibas medan offroad yang berlumpur senantiasa cucilah setelahnya karena kotoran kotoran tersebut yang dapat membuat sepeda anda sakit :) untuk lebih lanjut perawatan silahkan baca disini Cara merawat sepeda mtb (gunung). Itulah sedikit Tips dan Cara Merawat Rem Cakram Sepeda semoga bermanfaat , baca tips bermanfaat lainya disini Tips dan Trik Sepeda Gunung Mtb

Komponen - komponen yang terawat itu akan memberikan kenyamanan dan keamanan lho nggak percaya bisa dibuktikan , coba praktekan saja ke sepeda gunungmu teman :) hehe :P.