Cara Merawat Sepeda Gunung (Mtb)

Home »

,

» Cara Merawat Sepeda Gunung (Mtb)

Cara Merawat Sepeda Gunung (Mtb)

Written By Eras on 07:24 | 25 July 2014

Malam ini kita berjumpa lagi kawan sepedaku , bagaimana sepedanya lancar kan. Pada malam yang sepi ini , he kok  sepi mas iya ini ane di kost gan nggak ada orang pada mudik lebaran ,hehe.

Sepeda selayaknya manusia dia juga butuh perawatan, butuh nutrisi agar tetap dapat melaju dengan sehat wal afiat tanpa gangguan sedikit pun.

Bagaimanakah cara merawat sepeda gunung / mtb tercinta , sebenarnya mudah sie kawan yaitu dengan cara dibersihkan, untuk cara membersihkan sepeda yang efektif mari simak dibawah ini kawan :

1. Copot semua aksesoris yang menempel pada stang contoh: bel, lampu, spidometer dll. Tidak hanya di stang saja, silahkan copot semua aksesoris yang menempel pada sepeda

2. Silahkan jungkirkan sepeda gunung (mtb), baliklah roda menjadi diatas sedangkan sadel dan stang dibawah .

3. Copot roda bagian depan dan belakang, bukalah klip roda sepeda anda namun jika sepeda anda tanpa klip, lepaslah menggunakan kunci pas. Untuk melepas roda bagian belakang, bukalah pengencangnya, tariklah pemindah gigi RD ke belakang hingga roda belakang bisa di tarik dan terlepas dari pengait.

4. Bersihkan rantai, gir, pedal dan RD sepeda gunungmu. Ambil sikat dan air sabun.Pada bagian ini sikatlah dengan air sabun dengan bersih karena banyak oli yang telah padat menempel pada rantai , gir RD ini bersihkan sampai bersih.

5. Bersihkan bagian bawah frame sepeda gunungmu, sekarang ambilah sebuah kain atau lap dan air sabun yang telah dibuat. Sapukan lap tersebut secara merata ke bagian frame jangan sampai ada yang kelewatan kawan.

6. Bersihkan Roda.
Gosoklah roda bagian depan dan belakang dengan lap yang terpenting bersihkan apa saja yang mengotori as roda, hub dan jari-jari roda. Jika sepeda anda menggunakan cakram tidak usah di lepas tinggal di gosok secara teliti

7. Cek Roda
Pasang kembali roda bagian depan dan belakang, kunci klip atau pengenceng pada roda sepeda anda. Sebagai pemula dalam pemasangan ini, pasti kita menemui sejumlah hambatan, Setelah kedua roda terpasang dengn baik coba putar roda depan maupan belakang amatilah apakah ada sedikit goyangan atau tidak, jika terjadi goyangan jari-jari roda sepertinya perlu di stel ulang lagi kawan, bawalah ke bengkel langganan :).

8. Cek Rem
Rem pada sepeda gunung ini sangat penting untuk dicek, kedalaman tuas rem saat di tarik apakah terlalu dalam atau terlalu dangkal sangat baik untuk kenyamanan dan tentu kinerja rem dapat mencengkram dengan baik menjadi hal wajib. Fatal jika mengabaikan hal ini, karena sepeda gunung (mtb) medan yang dilalui adalah off road misal mtb jenis downhill jika rem tidak berfungsi dengan baik nyawa taruhanya kawan.

Cara mengecek rem roda depan kita berfungsi dengan baik yaitu dengan cara berdiri di bagian depan sepeda anda kemudian tekan tuas rem roda depan, lanjutkan dngan menarik sepeda ke arah depan jika frame sobat dan roda belakang sepeda terangkat berarti untuk rem roda bagian depan berfungsi dengan baik, namun jika tidak langsung meluncur ke toko terdekat atau order secara online disini toko sepeda gunung / mtb online
untuk mengganti kampas rem sepeda gunung / mtb anda.

Cara mengecek rem roda belakang berfungsi dengan semestinya berdirilah di atas roda belakang , roda belakang sepeda berada di sela kaki anda kemudian tekan tuas rem bagian belakang, jika roda depan terangkat maka rem tersebut normal, namun jika tidak langsung ke bengkel langganan. Jangan lupa cek setelan kabel dan minyak rem (untuk disc brake dengan oil).

9. Pelumas
Yang terakhir adalah memberi pelumas pada bagian-bagian penting sepeda gunung yaitu rantai, shifter, as tengah roda depan (hub) dan belakang (freehub), pedal maupun lengan pedal. Gunakanlah pelumas baru jangan oli bekas kawan.

Sepeda memang harus dirawat kawan, rawatlah sepeda gunung mtbmu seperti kau merawat tubuhmu , jika kotor dibersihkan , jika kurang sehat remnya ganti dll   

Itulah sebuah tulisan tips Cara Merawat Sepeda Gunung Mtb semoga anda dapat merawat sepeda gunung kesayangan. Ayo cari tips-tips lebih bermanfaat lainya seperti Cara Merawat Sepeda Gunung Mtb diatas. Salam gowes dan salam sehat.