Pengertian Sepeda Balap (Road Bike) dan Jenis – Jenisnya

Home »

» Pengertian Sepeda Balap (Road Bike) dan Jenis – Jenisnya

Pengertian Sepeda Balap (Road Bike) dan Jenis – Jenisnya

Written By Eras on 22:53 | 23 April 2015

Alhamdulillah dapat berjumpa lagi dengan sobat gowes di malam ini. Kali ini kami toko sepeda terpercaya – waroengpit akan sedikit memaparkan tentang apa itu sepeda road ? apa itu sepeda balap ?. Sebenarnya kedua istilah diatas adalah satu sepeda yang sama dari pada bingung ayo lihat pembahasan dibawah ini  

Ciri – ciri sepeda balap (road bike) yaitu :

-Ukuran ban luar sangat ramping lebar dan tebal hanya sekitar 2,5 cm , dengan tekanan yang tinggi yaitu (> = 100 psi) dan permukaan ban yang halus untuk mengurangi rolling resistance.
-Pada gearnya menggunakan beberapa kecepatan, ukuran crank (gerigi pada pedal) super besar hal ini untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi.
-Rangka (Frame) sepeda yang satu ini sangatlah ringan.

Macam – macam jenis sepeda balap (road bike) yaitu :

1. Touring bicycles yaitu sebuah sepeda jalan raya yang dirancang untuk tur sepeda nyaman dan kuat mampu membawa beban berat.

2. Hybrid bicycles atau biasa disebut sepeda hybrid yaitu sepeda untuk berbagai tujuan rekreasi dan utilitas. Merupakan gabungan antara sepeda road dan sepeda gunung. Sebuah frame yang kuat dari sepeda gunung, sebuah pelek yang lebar dari sepeda road dan masih banyak lagi intinya penggabungan dari kedua sepeda tersebut.

3. Utility bicycles yaitu sebuah sepeda road yang dirancang untuk utilitas bersepeda, tradisional untuk Komuter, belanja dan untuk berangkat kerja ke kantor melalui jalan – jalan aspal.

4. Roadster yaitu sebuah sepeda bentuk tertentu dari sepeda utilitas yang dikembangkan di Inggris teman.

5. Recumbent bicycles, pernah lihat sepeda di tunggangi dengan cara berbaring inilah salah satu jenis sepeda road dirancang untuk berbagai tujuan rekreasi dan utilitas.

6. Vintage road bicycles, untuk saat ini sepeda yang satu ini sedikit sulit ditemukan yaitu sepeda klasik, sepeda tua dengan bingkai yang diproduksi menggunakan pipa baja dan lugs. Untuk saat ini anda dapat melihat sepeda ini di tangan para kolektor sepeda antik seperti sepeda unta yang biasa di jual puluhan juta :D.

7. Flatbar road bike yaitu sebuah sepeda aspal dengan setang datar (lurus), juga biasa disebut sepeda kebugaran merupakan gaya yang relatif baru di dunia sepeda road. Sepeda road dengan menggunakan shifter, tuas rem dan stang datar milik MTB (sepeda gunung). Kombinasi ini membuat pengendara dapat duduk dengan tegak dan lebih sedikit merileks kan diri. Sepeda road dengan stang datar ini yang paling sering digunakan untuk Komuter, perkotaan dan kebugaran.

Sedikit tips dari kami : Untuk anda yang suka bersepeda di jalan raya dan jalan tanah sedikit berkerikil anda dapat menggunakan sepeda road dengan jenis hybrid untuk lebih jauh mengenal sepeda hybrid silahkan ke sini

Itulah sebuah tulisan tentang sepeda yaitu Pengertian Sepeda Balap (Road Bike) dan Jenis – Jenisnya , semoga teman – teman sekarang sudah tahu apa itu sepeda road bike.