Upgrade Speed Sepeda Mtb

Home »

,

» Upgrade Speed Sepeda Mtb

Upgrade Speed Sepeda Mtb

Written By Eras on 07:16 | 14 July 2014

Apa yang perlu diganti Upgrade Speed Sepeda Mtb Gunung

Met pagi kawan, pagi gini paling mantab mangayuh sepeda kesayangan ne, apalagi masih dalam suasana ramadhan, setelah istirahat melalui tidur semalaman kemudian diteruskan saur setelah itu disusul shalat subuh dan gowes membuat fresh lagi pikiran ini, walau sekedar gowes keliling komplek sie, sungguh sejuknya udara di pagi hari ini, asal tidak hujan saja ya kawan 🙂 ,hehe.

Disini cerah kok, gak tahu kalo disitu 😛 , mari langsung kita bahas

Sebelum mengetahui apa saja yang harus diganti saat upgrade sebuah speed sepeda alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu Upgrade Speed Sepeda Mtb ,”upgrade” jika di google translate artinya meningkatkan, sedangkan “downgrade” yaitu menurunkan jadi upgrade merupakan meningkatkan speed (kecepatan) sebuah sepeda, contoh: dari 7 speed ke 9 speed, dari 7 speed ke 10 speed…dll intinya meningkatkan ke yang lebih tinggi, sedangkan untuk downgrade merupakan kebalikanya ya kawan. Speed sepeda sendiri merupakan bagian yang sering disebut groupset, ada banyak jenisnya pokoknya.

Kemudian apa saja sie yang perlu di ganti untuk upgrade speed sepeda mtb ini gan, yang perlu diganti ada dibawah ini :

1. Freehub yaitu as roda belakang bisa pakai merek shimano non series yang terjangkau
2. Cassete Sprocket atau Gear Sprocket yaitu gear belakang yang menempel pada freehub 
3. RD (Rear Derailleur) yaitu yang bertugas memindahkan gigi bagian belakang
4. Shifter yaitu tuas pemindah gigi yang menempel di setang sepeda
5. Chain (rantai)  
5. Brake Lever

jika belum tahu bagian-bagian diatas dapat kesini gan bagian – bagian sepeda mtb (gunung). Kadang ada yang tanya gini juga lho “Itu saja ya om kalo mau upgrade speed, crank apakah nggak perlu diganti” , jawabanya nggak perlu pak , kalo rusak baru diganti ,hoho :D. 

Sedikit merembet kemana – mana sie gan kalo mau upgrade speed, mending upgrade fork atau upgrade stem dan setang yang lebih terjangkau, jadi pas awal beli sepeda mending langsung cari speed yang lumayan 9, 10 atau berapa gitu yang agak tinggi jangan beli yang nanggung seperti 7. Jadi kan enak nggak merembet kemana – mana lebih terjangkau.

Itulah sedikit tulisanku tentang bagaimana cara / apa saja yang perlu diperhatikan untuk Upgrade Speed Sepeda Mtb semoga bermanfaat salam sehat.