Jersey Pakaian Kaos Komunitas Lagu Starla
Home » , » Sakit Setelah Bersepeda Kenapa ya ?

Sakit Setelah Bersepeda Kenapa ya ?

Written By Ekky Pr on 02:59 | 17 July 2014


Lutut Kaki Kepala pinggang Sakit Setelah Bersepeda
Hay sobat gowes, berjumpa lagi pada malam hari ini , lagi apa ne di malam bulan ramadhan ini tadarus ya kawan, yang penting nggak gowes aja deh soalnya udah malam, hehe. Mendingan habis terawih dan tadarus ngumpul sama keluarga dirumah malah lebih asik, sambil nonton sinetron ,hoho #gubrak.

Ok malam hari ini yang akan kita bahas seputar sakit-sakitan , haduh nggak ada yang lain pha gan ?,he ini untuk pengetahuan saja kok

1. Lutut Sakit Setelah Bersepeda , lutut kaki terasa nyeri biasanya yang sering terjadi yaitu cidera otot yang biasa disebut Ligamen. Salah satu penyebab Ligamen mengalami cedera adalah tekanan yang berlebih atau tidak terbiasa dan telalu memaksa sehingga ligamen akan rusak atau mungkin robek pada akhirnya terjadi lutut sakit.


Cidera ini biasanya terjadi karena kurang pemanasan dan sudah jarang bersepeda, sekali gowes nekat mengambil medan yang berat ya akhirnya terjadi nyeri otot ini kawan. Sebenarnya tidak hanya beban yang berlebih saja (overuse), akan tetapi ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi terjadinya cedera ligamen pada lutut kaki yaitu :

- Sadel yang kita duduki terlalu rendah atau mungkin terlalu maju
- Tapak kaki kita terlalu maju pada pedal  yang kita pijak
- Crankarm sepeda sendiri terlalu panjang 
- Posisi kaki kita saat mengayuh pedal tidak lurus, terlalu menyamping ke luar atau ke dalam.

Solusi : Pemanasan lah terlebih dahulu , jangan memaksakan medan yang berat jika sudah lama tidak gowes ,itulah yang menyebabkan lutut sakit setelah bersepeda  

2. Sakit Kepala Setelah Bersepeda, sebuah penelitian yang telah dilakukan di  jurnal Headache menunjukkan bahwa sekitar 50% penunggang sepeda, berjenis kelamin laki-laki, mereka pernah mengalami sakit kepala saat bersepeda atau setelah bersepeda. Sebelum bersepeda padahal kondisinya baik-baik saja lho.

Seperti dikutip dari MensHealth, Selasa (9/4/2013) Faktor yang mengakibatkan hal tersebut terjadi adalah
- Pemaksaan tenaga yang terlalu ekstrem
- Kurang minum (dehidrasi)
- Cuaca panas dan sebagainya.

"Saat tubuh Anda kekurangan cairan dan sedang mengayuh sepeda dengan kuat-kuat, tubuh anda akan memecah massa otot, lalu memicu inflamasi (reaksi peradangan)" kata mantan presiden American Headache Society, Stephen Silberstein, MD.

Stephen mengatakan juga bahwa senyawa yang dihasilkan dari proses tersebut akan terbawa melalui aliran darah kita menuju otak yaitu di bagian pengaturan rasa sakit dibagian tengah. Saat toleransi rasa nyeri terganggu, saat itulah sakit kepala akan muncul.

Solusi : Minum 4 gelas air putih tiap 1 jam jika olahraganya banyak menguras tenaga. Bila terpaksa dapat meminum obat-obatan seperti ibuprofen atau yang ini naproxen , itulah penyebab sakit kepala setelah bersepeda

3. Pinggang Sakit Setelah Bersepeda , cidera ini sangat sering terjadi saat kita bersepeda dengan jarak yang lumayan jauh , terlalu lama menunggangi kuda besi kita kawan jadinya terjadi pinggang sakit

Solusi : Perhatikan bike fitting yang benar seperti memperhatikan ukuran panjang pendek stem , tinggi sadel ,panjang setang (handlebar) dll sesuai kenyamanan anda. itulah sebab pinggang sakit setelah bersepeda

Tiga hal diatas paling sering terjadi pada para pesepeda kawan, jadi perhatikan baik - baik, kita ingin sehat jangan malah sakit yang didapatkan, namun harus kesehatan sejati yang kita raih. So sekian dulu kawan kita bertemu pada tips - tips selanjutnya ya, itulah sedikit tulisan Sakit Setelah Bersepeda Kenapa ya ? yang bisa aku bagikan pada malam ini semoga bermanfaat. Salam sehat selalu