Jersey Pakaian Kaos Komunitas Lagu Starla
Home » , » Cara Memilih Stem Sepeda Gunung yang Sesuai

Cara Memilih Stem Sepeda Gunung yang Sesuai

Written By Ekky Pr on 22:56 | 04 July 2014


Hay sobat, spare part sepeda ada banyak sekali jenisnya, sebagai seorang pemula alangkah baiknya langsung beli jadi fullbike, langsung percayakan saja  urusan suku cadang dengan pabrikan atau tukang rakit, karena pabrikan akan membuat sepeda dengan perhitungan kenyamanan yang terbaik dan saat diluncurkan dipasaran tentu dengan harga yang ekonomis, begitu juga seorang tukang rakit.

Ngomong - ngomong masalah part yang perlu diperhatikan dan penting untuk dibahas dalam bersepeda gunung yaitu masalah stem, untuk gambar stem dapat dilihat dibawah ini

Cara Memilih Stem Sepeda Gunung yang Sesuai

Stem merupakan komponen penghubung antara setang (handlebar) dengan steerer tube (fork).

Kita pasti sudah tahu jenis - jenis sepeda gunung sebelumnya pada postingan sebelumnya, jika belum tahu kemari klik. Pada jenis- jenis tersebut sudah mewakili trek yang dilaluinya yaitu ada cross country (XC), dirtjump (DJ), all mountain (AM), freeride (FR)  dan downhill (DH) semuanya berjalan pada trek off-road.  

Walaupun sama - sama medan off-road tetapi jangan dikira sama untuk ukuran stemnya, tentu berbeda kawan, termasuk juga stem on-road (dijalan raya) juga berbeda mari simak dibawah ini :
  
-Untuk All Mountan (AM), Cross Country (XC) dan On-road (dijalan raya,Road bike,dll).Untuk jenis sepeda ini, yang direkomendasikan oleh beberapa ahli sepeda yaitu penggunaan stem dengan ukuran panjang 50mm - 130mm (50, 70, 90, 110, 130mm). Penggunaan stem ukuran ini akan lebih memudahkan handling kemudi dan stabil saat melewati tanjakan. Stem dengan ukuran ini memberi ruang untuk pengendara agar lebih membungkuk kedepan sehingga berat badan menjadi bergeser kedepan, sangat efektif untuk jalan datar dan tanjakan.

-Untuk Downhill, Dirtjump dan Freeride. Kebanyakan para pemakai sepeda jenis ini menggunakan ukuran pendek, maksimal 60mm tidak boleh lebih panjang dari itu, karena fatal jika melebihi itu , bisa jungkir balik, he.Stem dengan ukuran ini akan menjadikan tubuh pengendara menjadi lebih tegak, sehingga penunggang kuda besi ini mudah untuk mengontrol sepedanya, sekalipun turunan tajam berkelok - kelok dan dalam kecepatan yang tinggi penunggang tetap dapat stabil.

Di kategori manakah sepedamu , jangan sampai salah pilih stem ya , karena jika salah udah gak enak dipakai ,berbahaya juga kawan , So saatnya kamu pilih stemnya dimari gan stem terjangkau ya kemari . Itulah sedikit tips Cara Memilih Stem Sepeda Gunung yang Sesuai semoga dapat sedikit membantu untuk memilih stem sepeda mtb (gunung) tercinta.