Cara Memilih Setang (Handlebar) Sepeda Gunung

Home »

,

» Cara Memilih Setang (Handlebar) Sepeda Gunung

Cara Memilih Setang (Handlebar) Sepeda Gunung

Written By Eras on 13:18 | 03 July 2014

Lagi apa kawan gowes ya,sip!. Kali ini yang akan kita bahas adalah masalah kemudi, kemudi merupakan hal paling penting dalam sebuah sepeda, karena dia digunakan untuk mengendalikan sepeda, kalau gak ada pasti udah menabrak dan gak bisa finish!. Kemudi sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu setang (handlebar), suspensi depan(fork) dan roda depan.

-Setang (handlebar) digunakan untuk mengendalikan roda depan agar berbelok
-Suspensi depan (fork) berguna sebagai penghubung antara setang dan roda depan. Untuk cara memilih suspensi depan (fork) disini
– Roda depan berguna sebagai pembelok sepeda hasil dari perintah setang

Setang (Handlebar) sendiri dibagi menjadi dua yaitu Setang Lurus (Flat Handlebar) dan Setang Melengkung (Rise Handlebar). Kira-kira dari kedua jenis stang tersebut manakah yang lebih cocok buat anda ?.

Setang Lurus (Flat Handlebar) dan Setang Melengkung (Rise Handlebar) mempunyai kegunaan sendiri – sendiri , jadi tidak ada yang lebih unggul antara satu dengan yang lain namun sama- sama unggul jika dalam penggunaan yang tepat. Mari kita simak dibawah ini ada 2 hal yang perlu diperhatikan :   

-Flat handlebar ini akan membuat posisi tubuh pengendara relatif membungkuk kedepan sehinga berat tubuhnya bergeser kedepan. Posisi membungkuk ini sangat ideal untuk mengejar kecepatan (speed) sepeda. Cocok digunakan untuk sepeda berjenis cross-country (race) yang membutuhkan kecepatan tinggi.

-Rise handlebar ini akan membuat posisi tubuh pengendara akan menjadi lebih tegak. Apalagi jika menggunakan stem pendek dibawah 5cm badan akan semakin tegak lagi. Semakin tegak tubuh pengendara maka titik berat akan bergeser ke belakang. Pada posisi ini sangat ideal untuk mengoptimalkan handling dan kestabilan pada saat mengemudi di medan turunan tajam,curam. Setang ini juga memiliki kemampuan meredam getaran yang lebih baik lho kawan, dibanding flat handlebar diatas, sangat berguna mengurangi rasa lelah pada lengan akibat getaran keras saat melewati medan off-road yang sangat curam dan menukik. Cocok digunakan bagi sepeda AM (All Mountain), DH (Downhill) dan FR (Freeride)

So sekarang waktunya pilih stang anda disini setang sepeda gunung / mtb harga terjangkau , itulah sedikit tips Cara Memilih Setang (Handlebar) Sepeda Gunung semoga semakin membuat nyaman bersepeda anda, semakin cepat dan semakin sehat tentunya.