Jersey Pakaian Kaos Komunitas Lagu Starla
Home » , » Cara Memilih Rem Sepeda Tercinta

Cara Memilih Rem Sepeda Tercinta

Written By Ekky Pr on 01:01 | 08 July 2014


Sehabis shalat terawih dan tadarus Al-Qur'an di bulan ramadhan yang indah ini , saatnya ane berbagi hal yang bermanfaat bagi para goweser tanah air yaitu sebuah tulisan yang insyallah bermanfaat deh , beneran gan , yakin gan bermanfaat ? ane gak tau gan, haha :) dibaca saja deh.

Malam hari ini kita akan bahas masalah rem sepeda, rem merupakan komponen sepeda yang berfungsi mengurangi sampai menghentikan laju sepeda. Rem yang beredar dipasaran ada 3 macam yaitu : disc brake, coaster brake hub dan rim brake. Akan tetapi ketiganya masih terbagi dalam beberapa model lho kawan yang disesuaikan pada kinerjanya, khusus untuk disc brake dan rim brake terdapat pilihan hidrolik maupun mekanik.
Rim Brake Sepeda
Rim Brake
Jenis rim brake ini merupakan piranti rem yang bekerja dengan menghentikan laju sepeda melalui karet yang menjepit rim (pelek). Rim brake sendiri terdapat beberapa macam seperti Rod Brakes, Calliper (Side Pull dan Center Pull), U-brakes, Cantilever, traditional Cantilever, V-brakes, Roller cam Brakes, Delta Brakes dan Hidrolik Rim brakes. Untuk rem tipe ini lebih banyak dan sering digunakan untuk sepeda road bike karena memiliki bobot yang lebih ringan.

Walau kadang memiliki perbedaan pada bentuknya. Jika digambarkan cara kerjanya adalah ketika tuas rem di tarik maka kawat rem akan bergerak secara untuk menarik tuas penjepit sehingga rem bergerak dan menjepit pelek sepeda kita.

Sistem kerja antara hidrolik dan mekanik juga sama,namun pada hidrolik, untuk kinerja kawat remnya telah diganti oleh minyak rem.

Kelemahan : Waktu melibas medan yang basah dan berlumpur rem penjepit akan akan kesulitan bergerak dan tentunya dengan menjepit bagian peleg secara terus menerus bisa membuat pelek kita aus ,bisa - bisa semakin tipis (dapat merusak pelek karena terjadi gesekan langsung).


coaster brake sepeda
Coaster Brake
Rem dengan jenis ini umumnya terdapat dua tipe yaitu pertama yang membutuhkan bantuan kabel untuk menghentikan putaran roda sedangkan yang kedua tanpa kabel yaitu tuas yang menempel pada frame. Rem yang dipasang pada hub roda belakang , jadi tidak memungkinkan menggunakan drive train kecuali hanya internal hub kawan.

Kelemahan : Sangat merepotkan untuk perawatannya. Harus bongkar pasang roda belakang, guys.

disc brake
Disc brake
Dalam beberapa tahun terakhir ini, seluruh sepeda gunung telah menggunakan disc brake lho kawan. Kemampuannya yang dapat melibas berbagai medan menjadi pilihan. Piranti ini telah menjadi pilihan utama kendaraan berkecepatan tinggi.

Cara kerja dari disc brake sendiri tidak jauh berbeda dengan rim rim brake, Perbedaanya cuma masalah yang dijepit, discbrake yang dijepit adalah (rotor/cakram/piringan) yang menempel pada hub. Jika digambarkan, saat tuas rem ditarik maka kawat itu sendiri akan bergerak (menjepit rotor). Untuk ukuran cakram sendiri sangat bervariasi , terdapat beberapa macam ukuran mulai dari 6" hingga 9" kawan untuk lebih lengkapnya baca disini .

Kelemahan : Minyak rem yang digunakan harus sesuai. Anda harus juga memastikan terlebih dahulu perbedaan bentuk brake pad sebelum mengganti.

Untuk Cara Merawat Rem Sepeda disini , itulah sedikit yang bisa ane share gan yaitu sebuah tulisan tentang Cara Memilih Rem Sepeda Tercinta, bermanfaat kan ,amiin . Sekarang waktunya pilih rem sepedamu disini , rem-rem sepeda harga terjangkau klik. Salam go we