Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat

Home »

,

» Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat

Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat

Written By Eras on 02:40 | 26 July 2014

Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat Macam - macam sepeda

Hay sobat gowes sekalian , sebentar lagi lebaran ne kita bakal ditinggal bulan yang penuh berkah rasanya nggak mau ditinggalin ya gan , pengene puasa terus!!!.

Kita pada pagi ini akan berusaha menjawab pertanyaan Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat ?

Ngomong – ngomong seputar sepeda tentu banyak macamnya dari mountain bike (sepeda gunung), road bike (sepeda jalan raya / balap), bmx, city bike (sepeda kota) dan sepeda lipat. Itu juga masih dibagi lagi dalam sub kategori misal sepeda mtb (sepeda gunung) jenisnya ada cross country (XC), All mountain (AM), Freeride (FR), Downhill (DH) dan Dirtjump (DJ) untuk sepeda yang lainya ada yang masih terbagi lagi dalam sub kategori dan ada yang tidak kawan.

Untuk memilih sepeda yang tepat caranya yaitu :
1. Coba tanyakan pada dirimu kawan, minat dengan sepeda apa ?
2. Mari simak tulisan dibawah ini

1. Apa itu sepeda mtb (gunung) ?
Sepeda gunung (All Terrain Bike/ATB atau Mountain Bike/MTB) adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat. Pertama kali diperkenalan pada tahun 1970, oleh pemakai sepeda di perbukitan San Fransisco.

Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker (peredam goncangan). Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. (Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_gunung)

Sepeda gunung (Mtb) ini dibagi dalam beberapa jenis sesuai medan yang di laluinya silahkan menuju postingan sebelumnya disini Jenis – jenis sepeda gunung / mtb

2. Apa itu sepeda Road bike (Jalan raya / balap)?
merupakan sepeda yang digunakan dalam sebuah balapan di jalan raya, memiliki ciri bobot yang ringan, ban kecil halus, setang melengkung setengah lingkaran.  Jenis – jenis road bike yaitu :

a. Competitive Road

adalah sepeda balap khusus untuk kompetisi balap, dengan berat yang sangat ringan hanya sekitar 5kg.

b. Endurance Road
adalah sepeda balap yang memiliki frame yang lebih kuat untuk melibas jalan yang sedikit tidak rata (aspal jelek). Bobotnya juga ringan sangat cocok bagi penyuka kecepatan, juga sebagai pilihan untuk bersepeda di jalan non aspal.

c. TT (time trial)
adalah sepeda balap sesungguhnya, karena sangat ringan dan didesain dengan dengan aero dinamis. Jenis sepeda balap yang satu ini banyak di gunakan dalam kompetisi – kompetisi yang menuntut kecepatan seperti Time Trial / Thriatlon .

d. Single speed.
adalah sepeda balap dengan hanya 1 gir saja (gir tunggal) tidak mempunyai operan pindah gigi.

e. Commute
adalah sepeda balap yang di desain khusus dengan menggabungkan sepeda balap kelas kompetisi dan kebutuhan sehari-hari kawan.

3. Apa itu sepeda Bmx ?
Sepeda Bmx kepanjanganya adalah bicycle moto-cross, sepeda ini kebanyakan digunakan untuk atraksi seperti freestyle namun juga digunakan dalam perlombaan yang menuntut kecepatan.

4. Apa itu sepeda City bike ?
Sepeda citybike (sepeda perkotaan) merupakan sepeda yang sering dipakai di perkotaan untuk sekedar perjalanan kekantor atau jalan – jalan tentunya dengan kondisi jalan yang baik.
Ciri – cirinya terdapat boncengan dan keranjang.

5. Apa itu sepeda Lipat ?
Sepeda lipat adalah sepeda yang bisa dilipat ,sangat praktis tidak memakan tempat, mudah dibawa kemana – mana.

Gimana kawan sudah tahu kan Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat , semoga sedikit tulisa  Bagaimana Cara Memilih Sepeda yang Tepat ini yang kutulis ini bermanfaat ya, amiin. Jika minat kamu ke sepeda Mtb (gunung) dapat membeli di sini toko sepeda mtb (gunung) online menyediakan puluhan sepeda bekas dan baru.